Sep
9
2014

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA KORIPAN

Minggu, 1 Juni 2014 P4GKM bekerjasama dengan Badan Semi Otonom Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (BSO HIMAGHITA) akan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Dusun Gugur, Desa Koripan, Kecamatan Matesih, Karanganyar. Kegiatan ini akan diisi dengan Sosialisasi Kemanan Pangan oleh Dimas Rahadian A.M, S.TP, M.Sc, dan Pelatihan Pembuatan Kue Kering dari tepung jagung oleh tim BSO Himaghita. Desa Koripan merupakan desa binaan Himaghita sejak beberapa tahun yang lalu. Dengan kegiatan ini diharapkan potensi pertanian di Desa Koripan dapat dimanfaatkan secara optimal dan selanjutnya berdampak positif pada ekonomi masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan IPTEKS bagi Masyarakat (IbM) yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan UNS dan didanai oleh Dirjen DIKTI Tahun Anggaran 2014

Oct
14
2012

Air Bukan Zat Gizi untuk Menguruskan Badan

Jakarta, Kompas - Air adalah makronutrien terpenting dalam tubuh. Namun, air tidak dapat digunakan sebagai alat untuk menguruskan badan atau menggantikan peran zat gizi lain. Kelebihan atau kekurangan air bisa membahayakan tubuh.

”Konsumsi air secukupnya, jangan berlebih, tetapi jangan sampai dehidrasi,” kata dokter ahli gastroenterologi-hepatologi yang juga Manajer Ventura Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam seusai peresmian Kelompok Kerja Hidrasi Indonesia di Jakarta, Rabu (10/10).

Mengganti sarapan hanya dengan minum air atau minum air berlebihan setelah bangun tidur tidak dianjurkan. Pagi hari cukup minum air 2-4 gelas (0,5-1 liter) untuk merangsang buang air besar. Kelebihan air justru mendorong isi lambung naik ke kerongkongan. Konsumsi air berlebih juga akan membuat jantung bekerja keras memompa darah. Ini bisa memicu terjadinya gagal jantung, terutama bagi mereka yang jantungnya lemah.

Stavros A Kavouras dari Laboratorium Kinerja Manusia, Universitas Arkansas, Amerika Serikat, mengatakan, kelebihan air bisa memicu keracunan air (hiponatremia), yaitu kandungan elekrolit dalam tubuh terlalu rendah. Dalam jangka panjang, kondisi ini membuat badan lemas.

Konsumsi air berlebih bisa memicu psikogenik polidipsia, yaitu gangguan kejiwaan yang membuat seseorang selalu merasa haus dan mulut kering hingga ingin terus minum. Pada mereka yang mengalami gangguan ini bisanya tidak ditemui tanda-tanda keracunan air.

Kenyataannya, sebagian besar orang justru kurang minum. Ketua Kelompok Kerja Hidrasi Indonesia yang juga dokter gizi medik FKUI, Saptawati Bardosono, menyatakan, 46 persen remaja dan orang dewasa di Indonesia mengalami dehidrasi ringan. Banyak orang sering mengabaikan rasa haus. Setiap hari, pria perlu 2,5 liter dan perempuan 2 liter air.

”Turunnya daya konsentrasi dan suasana hati yang berubah negatif merupakan tanda dehidrasi,” kata Saptawati.

Ivan Tack, peneliti dari Departemen Fisiologi Klinik, Universitas Paul Sabatier, Toulouse, Perancis, menjelaskan, minum air diperlukan untuk menjamin metabolisme tubuh, memastikan kenyamanan tubuh sehingga suasana hati dan konsentrasi terjaga, serta melindungi ginjal dan saluran kemih.

Pola makan Barat yang tinggi protein dan kaya garam serta kurang minum membuat jumlah penderita batu ginjal meningkat. Pola makan ini membuat mudah terbentuk kristal dalam urine, yang bisa berkembang menjadi batu ginjal. ”Batu ginjal akan menjadi persoalan besar di Asia,” ujar Ivan memprediksi. (MZW)

Sumber :
Kompas Cetak
Editor :
Asep Candra
Apr
20
2012

9 Manfaat Oatmeal yang Mengagumkan

KOMPAS.com - Belakangan ini banyak praktisi medis dan ahli gizi mendorong pasien diabetes dan jantung untuk mengonsumsi oatmeal, terutama karena khasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi.

Untuk mengetahui lebih luas apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari makanan produk gandum ini, berikut adalah penjabarannya seperti dikutip symtomfind:

1. Menurunkan kolesterol

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya serat larut, yang juga ditemukan pada apel, pir dan prunes. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL, yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Satu cangkir dan setengah oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat, yang cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol Anda.

2. Mengurangi risiko hipertensi

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan terhadap jantung, tetapi juga penurunan risiko tekanan darah tinggi. Sebuah rekomedasi untuk wanita menopause, yang cenderung berisiko mengalami hipertensi, harus makan setidaknya enam porsi oatmeal atau biji-bijian lain setiap minggunya.  Studi menunjukkan bahwa pria dapat bisa mengurangi risiko gagal jantung jika mereka makan satu mangkuk sereal gandum atau oatmeal, per hari.

3. Tinggi antioksidan

Oatmeal mengandung tipe khusus dari antioksidan yang disebut avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL atau dikenal sebagai kolesterol baik. Di samping itu, senyawa ini juga melindungi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mencegah pengerasan arteri

Avenanthramides tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides bekerja dengan menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita menopause yang makan enam porsi serealia utuh seminggu dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis.

Ateroskleorosis adalah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit. Manfaat oatmeal bagi kesehatan kardiovaskular akan menjadi lebih besar bila dipasangkan dengan vitamin C.

5. Mencegah perkembangan kanker payudara

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dalam jumlah tinggi serat memiliki penurunan risiko terkena kanker payudara, terutama jika berasal dari serat gandum. Serat tidak larut dalam serealia utuh akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker. Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa wanita pra-menopause mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 41 persen hanya dengan makan serat dari biji-bijian atau serealia utuh.

6. Mencegah pengembangan diabetes

Selain kaya serat, oatmeal merupakan sumber magnesium, yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosa. Berbagai temuan telah menunjukkan bahwa, selama delapan tahun, perempuan yang makan diet kaya sereal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 31 persen. Untuk mendapatkan manfaat optimal, Anda bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak juga dapat menurunkan risiko diabetes.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten serat. Serat ini mampu melindungi Anda terhadap penyakit jantung dan juga menaikan sistem imunitas. Hal ini membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

8. Mencegah obesitas

Makan makanan untuk tidak mendapatkan suara berat seperti jenis diet yang sempurna, kan? Karena oatmeal sangat kaya serat, itu akan membuat Anda lebih penuh untuk jangka waktu yang lebih lama. Serat akan meningkatkan viskositas isi perut sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk mengosongkan. Merasa penuh untuk jangka waktu yang lebih lama juga akan mencegah kebutuhan untuk camilan makanan manis atau asin sepanjang hari. Penelitian telah menghubungkan rendahnya risiko obesitas pada anak-anak yang rutin makan oatmeal.

9. Bisa di konsumsi untuk pasien celiac

Dewasa dan anak-anak yang menderita penyakit celiac umumnya tidak dapat mengonsumsi gluten (suatu senyawa protein yang terdapat pada gandum ), namun riset menunjukkan bahwa mereka bisa makan oatmeal meskipun mengandung sedikit gluten. Celiac adalah sindrom malabsoprsi di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan.

Editor :
Asep Candra
Mar
10
2012

Nutrisi Makanan Beku Lebih Utuh

KOMPAS.com - Banyak orang menghindari makanan yang dibekukan, dikeringkan, atau makanan kaleng dengan alasan tidak sehat. Padahal, berbeda dengan kepercayaan banyak orang, makanan beku justru memiliki banyak keunggulan.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Science and Agriculture menemukan bahwa produk makanan segar sebenarnya sudah kehilangan banyak nutrisinya dibandingkan dengan makanan beku atau makanan kaleng.

Untuk mendapatkan nutrisi secara utuh, idealnya kita mengonsumsi buah atau sayuran yang baru dipetik. Namun di zaman modern seperti sekarang ini hampir tidak ada orang di perkotaan yang menanam buah dan sayur di pekarangannya.

Elizabeth Pivonka, ahli gizi dan presiden Produce for Better Health Foundation mengungkapkan, ada banyak alasan untuk memilih produk beku atau kaleng, antara lain biaya yang lebih murah dan nutrisi yang utuh.

Proses pembekuan makanan sebenarnya berfungsi untuk mengurangi kerusakan dinding sel pada makanan. Clarence Birdseye yang dikenal sebagai penemu teknik pembekuan makanan konon mempelajari teknik itu dari orang Eskimo.

Keunggulan dari makanan beku antara lain prosesnya dilakukan tak lama setelah makanan tersebut dipetik atau ikan yang baru ditangkap. Dengan demikian nutrisi yang terbuang hanya sedikit.

Berbeda dengan mitos yang dipercaya banyak orang, makanan beku atau kaleng tidak memerlukan zat pengawet. Ini karena tekniknya, yakni diletakkan dalam wadah kedap udara, memungkinkan makanan itu tetap awet

Selain itu Pivonka menjelaskan jenis pengawetan lain yang juga menjaga nutrisi makanan, yakni pengeringan. “Keuntungan dari makanan yang dibeku keringkan adalah nutrisinya utuh. Selain itu warna, tekstur, dan bentuknya tak rusak,” katanya.

Sumber :
Editor :
Asep Candra
Dec
3
2011

Penelitian dan Pengabdian 2010-2011

P4GKM selama tahun 2010 - 2011 terus melakukan berbagai penelitian dan pengabdian. Keaktifan tersebut dapat dilihat dengan adanya berbagai tawaran proposal yang masuk melalui P4GKM dengan berbagai jenis kegiatan dan ide. Berikut rincian kegiatan penelitian dan pengabdian selama 2010 - 2011 Baca Selanjutnya »