Oct
14
2012

Air Bukan Zat Gizi untuk Menguruskan Badan

Jakarta, Kompas - Air adalah makronutrien terpenting dalam tubuh. Namun, air tidak dapat digunakan sebagai alat untuk menguruskan badan atau menggantikan peran zat gizi lain. Kelebihan atau kekurangan air bisa membahayakan tubuh.

”Konsumsi air secukupnya, jangan berlebih, tetapi jangan sampai dehidrasi,” kata dokter ahli gastroenterologi-hepatologi yang juga Manajer Ventura Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam seusai peresmian Kelompok Kerja Hidrasi Indonesia di Jakarta, Rabu (10/10).

Mengganti sarapan hanya dengan minum air atau minum air berlebihan setelah bangun tidur tidak dianjurkan. Pagi hari cukup minum air 2-4 gelas (0,5-1 liter) untuk merangsang buang air besar. Kelebihan air justru mendorong isi lambung naik ke kerongkongan. Konsumsi air berlebih juga akan membuat jantung bekerja keras memompa darah. Ini bisa memicu terjadinya gagal jantung, terutama bagi mereka yang jantungnya lemah. Baca Selanjutnya »

Apr
20
2012

9 Manfaat Oatmeal yang Mengagumkan

KOMPAS.com - Belakangan ini banyak praktisi medis dan ahli gizi mendorong pasien diabetes dan jantung untuk mengonsumsi oatmeal, terutama karena khasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi.

Untuk mengetahui lebih luas apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari makanan produk gandum ini, berikut adalah penjabarannya seperti dikutip symtomfind:

1. Menurunkan kolesterol

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya serat larut, yang juga ditemukan pada apel, pir dan prunes. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL, yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Satu cangkir dan setengah oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat, yang cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol Anda. Baca Selanjutnya »

Mar
10
2012

Nutrisi Makanan Beku Lebih Utuh

KOMPAS.com - Banyak orang menghindari makanan yang dibekukan, dikeringkan, atau makanan kaleng dengan alasan tidak sehat. Padahal, berbeda dengan kepercayaan banyak orang, makanan beku justru memiliki banyak keunggulan.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Science and Agriculture menemukan bahwa produk makanan segar sebenarnya sudah kehilangan banyak nutrisinya dibandingkan dengan makanan beku atau makanan kaleng.

Untuk mendapatkan nutrisi secara utuh, idealnya kita mengonsumsi buah atau sayuran yang baru dipetik. Namun di zaman modern seperti sekarang ini hampir tidak ada orang di perkotaan yang menanam buah dan sayur di pekarangannya. Baca Selanjutnya »

Dec
3
2011

Penelitian dan Pengabdian 2010-2011

P4GKM selama tahun 2010 - 2011 terus melakukan berbagai penelitian dan pengabdian. Keaktifan tersebut dapat dilihat dengan adanya berbagai tawaran proposal yang masuk melalui P4GKM dengan berbagai jenis kegiatan dan ide. Berikut rincian kegiatan penelitian dan pengabdian selama 2010 - 2011 Baca Selanjutnya »

May
27
2010

Pergantian Sekretaris P4GKM LPPM UNS

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor : 119/H27/KP/2010 tanggal 5 Maret 2010 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Sekretaris Pusat Studi Penelitian dan Pengembangan Pangan, Gizi dan Kesehatan Masyarakat (P4GKM) pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) antar waktu Universitas Sebelas Maret menetapkan Mei Tri Sundari, SP., MSi menjadi sekretaris baru menggantikan sekretaris lama yaitu Mujiyo, SP., MP.

Pergantian tersebut dilakukan dengan alasan bahwa Mujiyo SP., MP sedang studi lanjut S3. Untuk selanjutnya sekretaris P4GKM LPPM UNS yaitu Mei Tri Sundari, SP., MSi. Pergantian sekretaris tersebut berlaku terhitung mulai tanggal 1 April 2010 sampai dengan 15 Desember 2012 sesuai berakhirnya masa jabatan Sekretaris Pusat LPPM 2008 – 2012, berdasarkan keputusan Rektor Nomor : 917/H27/KP/2008.