Dosen program studi DIII Budi Daya Ternak Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan Pusat Studi P4GKM melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sasaran. Pengabdian dilakukan di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan pengabdian diikuti oleh 6 peternak dari kelompok Ternak “Rahayu Sukses” yang merupakan kelompok peternak di Desa Jatikuwung. Pengabdian yang dilakukan berupa implementasi teknologi pakan untuk pengembangan kelompok ternak kambing jawarandu “Rahayu Sukses” Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar.

Acara pengabdian diawali dengan focuss group dissussion tujuannya untuk penggalian potensi keterlibatan mitra serta pihak pendukung lainnya untuk mengatasi permasalahan yang ada. Materi pengabdian yang disampaikan adalah mengenai pakan, perkandangan, dan reproduksi ternak. Penyampaian materi sangat memuaskan terbukti dengan antusias para peternak saat berdiskusi perihal materi. Tidak hanya berdiskusi, para peternak juga mengerjakan soal postest ketika diakhir sesi materi.

Kegiatan praktik langsung juga dilakukan oleh tim dosen guna mengajarkan para peternak. Praktik yang dilakukan adalah pembuatan pakan silase, yang mana sesuai dengan judul impelemtasi teknologi pakan untuk pengembangan kelompok ternak kambing jawarandu. Melihat sumberdaya yang dimiliki para peternak, tim dosen juga memberikan dana perbaikan kandang dan kambing pejantan untuk kelompok ternak “Rahayu Sukses”.

Adanya pengabdian masyarakat yang dilakukan kepada kelompok ternak “ Rahayu Sukses” menjadi sesuatu hal yang sangat bermanfaat, terlebih para peternak bisa saling sharing – sharing dengan tim dosen atas permasalahan yang dihadapi.

Kegiatan Penyuluhan Teknologi Pakan
Kambing Jawarandu